May 4, 2015

Membuat DNS Server Dengan Sistem Operasi Linux Debian 5
Afriduarchan12:31 PM 0 komentar

Pada penulisan ini, saya akan membagikan beberapa ilmu tentang jaringan yang saya dapat dari lab yang saya ikuti. Kali ini saya akan menulis bagaimana cara membuat DNS server dengan OS Linux Debian 5.pada penerapannya saya menggunakan VMware dalam penerapanya.Berikut akan dijelaskan langkah-langkah dalam pembuatan DNS server ini :
  1. Buka sistem operasi linux debian 5 yang sudah di install sebelumnya pada aplikasi vmware.

  2. Setelah OS debian melakukan booting maka akan masuk menu login. Masukkan username : root dan password : labti.

  3. Kemudian install packet DNS pada OS Debian 5, atau nama lain dari DNS adalah Bind9, untuk menginstallnya ketikkan perintah apt-get install bind9 lalu tekan enter, kemudian ketikkan “Y” apabila muncul ask question lalu tekan enter.

  4. Setelah terinstall packet bind9, langkah selanjutnya adalah masuk ke direktori dari bind9 tersebut. Dengan mengetikkan cd /etc/bind.

  5. Kemudian setelah masuk dan aktif di direktori bind, kita akan memulai untuk pendeklarasian file DNS yang nantinya akan kita buat, caranya dengan masuk ke dalam file named.conf, untuk masuk kedalam file tersebut ketikkan perintah nano named.conf 
  6. Di langkah ini kita akan sedikit mengedit file yang berada di named.conf dengan menambahkan teks sepeti pada di bawah ini.

    Kemudian save file yang sudah ditambahkan dengan menekan CTRL + X setelah muncul sebuah pertanyaan makan langsung saja ketik Y dan enter. File yang baru saja ditambahkan sudah tersimpan dalam file named.conf.
  7. Setelah keluar dari file named.conf maka langkah berikutnya adalah membuat file db.labti dan db.192 yang telah dideklarasikan pada file named.conf tadi. Untuk pertama kali kita akan membuat file db.labti caranya dengan mengetikkan nano db.labti kemudian tekan enter. 
  8. Pertama kali masuk ke dalam file nano db.labti maka file tersebut akan kosong. Untuk menampilkan file tersebut maka kita menekan tombol CTRL + R pada keyboard lalu CTRL + T kemudian pilih file db.local dan tekan enter. Maka sesuaikan seperti pada tampilan di bawah ini. Setelah selesai kemudian tekan CTRL + X kemudian tekan Y maka file yang sudah diedit akan di simpan di file db.labti.

  9. Kemudian setelah membuat file db.labti maka kita akan membuat file kedua yaitu db.192 caranya dengan mengetikkan perintah pada keyboard nano db.192 kemudian tekan enter. 

  10. Setelah masuk pada file db.192 file tersebut masih kosong sama seperti file db.labti yang telah dibuat untuk pertama kali, untuk menambahkan teksnya cukup dengan menekan CTRL + R kemudian CTRL + T lalu pilih file db.255 kemudian tekan enter pada keyboard. 

  11. Kemudian ubah file sehingga file tersebut sama seperti pada gambar dibawah ini.Setelah selesai maka tekan CTRL + X kemudian Y untuk menyimpan hasil editan pada file db.192. 

  12. Setelah itu lankah selanjutnya adalah merestart packet bind9 pada sistem operasi tersebut, caranya dengan mengetikkan /etc/init.d/bind9 restart seperti pada gambar di bawah ini. Domain name service secara otomatis akan mati dan setelah itu akan hidup kembali.

  13. Setelah semua dijalankan maka kita dapat melakukan pengujian terhadap DNS server yang telah dibuat. Pengujian ini dapat dilakukan dengan cara melakukan ping terhadap dns yang sudah dibuat yaitu ping ke www.labti.com . jika sudah muncul seperti gambar dibawah ini maka DNS sudah aktif. 

Demikian tulisan saya tentang Membuat DNS Server Dengan Sistem Operasi Linux Debian 5 semoga dapat bermanfaat buat kita semua. GBU
In Category : ,
About The Author Afriduarchan Network Engineer, College Student of Informatics engineering
Facebook and Twitter

0 komentar

Post a Comment