January 20, 2013

Perangkat Keras Jaringan Komputer

Selamat hari minggu sobat, di hari minggu ini saya ingin lanjutkan posting tentang Jarkom. Postingan ini merupakan lanjutan dari Materi Jaringan Komputer Dasar yang beberapa hari yang lalu sudah saya terbitkan. Dalam postingan saya Belajar Jaringan Komputer Dasar merupakan pengenalan dari dasar-dasar Networking (Jaringan Komputer). Nah sekarang ini adalah perangkat-perangkat keras yang ada di dalam membuat jaringan komputer itu sendiri.


Langsung aja sob kita masuk ke dalam materinya yang membahas tentang Perangkat Keras Jaringan Komputer. Saya akan jelaskan bagian per bagian dari perangkat tersebut.

I. Network Interface Cards (NIC) atau Kartu Jaringan
Kartu Jaringan (NIC) ini merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antara komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer. Maksudnya itu adalah sebuah kartu yang di pasang ke Motherboard di komputer. Beberapa komputer seperti MAC, menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada komputer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot. Kartu Jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah : kartu jaringan Ethernet, LocalTalk konector, dan kartu jaringan Token Ring. Mari saya sedikit jelaskan satu persatu :

1. Ethernet Card / Kartu Jaringan Ethernet
Kartu Jaringan Ethernet biasanya dibeli terpisah dengan komputer, kecuali komputer Macintosh yang sudah mengikutkan kartu jaringan internet di dalamnya. Kartu jaringan Ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kabel Koaksial ataupun kabel Twisted pair, jika didesain untuk kabel koaksial konektornya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair maka akan punya konektor RJ-45. Beberapa kartu jaringan ethernet kadang juga punya konektor AUI. Semua itu di koneksikan dengan koaksial, twisted pair, ataupun dengan fiber optik.

pic source: google.com
 


a. LocalTalk Connectors/Konektor LocalTalk
LocalTalk adalah peralatan jaringan untuk komputer Macintosh, ini menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke port untuk printer. Kekurangan dari LocalTalk dibandingkan Ethernet adalah kecepatan laju transfer datanya, Ethernet di jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini, hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer yang terhubungkan dan dapat saling berinteraksi.

pic source: google.com

b. Token Ring Cards
Kartu jaringan Token Ring terlihat hampir sama dengan Kartu jaringan Ethernet. Satu perbedaanya adalah tipe konektornya di belakang Kartu jaringannya, Token Ring umumnya mempunyai tipe konektor 9 Pin DIN yang menyambung Kartu jaringan ke Kabel Network.


pic source: google.com

2. Media (kabel, Gelombang Radio).
Di dalam bagian Media ini ada Empat jenis kabel jaringan yang umum digunakan saat ini, mari saya jelaskan satu persatu :

a. Kabel Coaxial
Terdiri dari dua kabel yang diselubungi oleh dua tingkat isolasi. Tingkat isolasi pertama adalah yang paling dekat dengan kawat konduktor tembaga. Tingkat pertama ini dilindungi oleh serabut konduktor yang menutup bagian atasnya yang melindungi dari pengaruh elektromagnetik. Sedangkan bagian inti yang digunakan untuk transfer data adalah bagian tengahnya yang selanjutnya ditutup atau dilindungi dengan platik sebagai pelindung akhir untuk menghindari dari goresan kabel. Beberapa jenis kabel Coaxial lebih besar dari pada yang lain. Makin besar kabel, makin besar kapasitas datanya, lebih jauh jarak jangkauannya dan tidak begitu sensitif terhadap interfensi listrik.

pic source: google.com
 
b. Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)
Kabel twisted pair terjadi dari dua kabel yang diputar enam kali per-inchi untuk memberikan perlindungan terhadap interferensi listrik ditambah dengan impedensi, atau tambahan listrik yang konsisten. Nama yang umum digunakan untuk kawat ini adalah IBM jenis/kategori 3. Secara singkat kabel UTP adalah murah dan mudah dipasang, dan bisa bekerja untuk jaringan skala kecil.

c. Kabel Shielded Twisted Pair (STP)
Kabel STP sama dengan kabel UTP, tetapi kawatnya lebih besar dan diselubungi denga lapisan pelindung isolasi untuk mencegah gangguan interferensi. Jenis kabel STP yang paling umum digunakan pada LAN adalah IBM jenis/kategori 1.

pic source: google.com


d. Kabel Serat Optik (Fiber Optik)
Kabel serat optik mengirim data sebagai pulsa cahaya melalui kabel serat optik. Kabel serat optik mempunyai keuntungan yang menonjol dibandingkan dengan semua pilihan kabel tembaga. Kabel serat optik memberikan kecepatan transmisi data tercepat dan lebih reliable, karena jarang terjadi kehilangan data yang disebabkan oleh interferensi listrik. Kabel serat optik juga sangat tipis dan fleksibel sehingga lebih mudah dipindahkan daripada serat kabel tembaga yang berat.

pic source: google.com

II. Hub/Konsentrator
pic source: google.com
 
Selanjutnya adalah penghubung jaringan yang bermedia seperti ini. Sebuah Konsentrator/Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Dalam topologi Bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk ke dalam Hub. Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut nomor  port dari card yang dituju. Ciri-ciri yang dimiliki Konsentrator adalah :
1. Biasanya terdiri dari 8, 12, atau 24 port RJ-45.
2. Digunakan pada topologi Bintang/Star.
3. Biasanya dijual dengan aplikasi khusus yaitu aplikasi yang mengatur manajemen port tersebut.
4. Biasanya disebut hub.
5. Biasanya di pasang pada rak khusus, yang didalamnya ada Bridges, router.

III. Switch/Hub
pic source: google.com
 
Switch Jaringan (atau yang biasa dipanggil Switch) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan Bridging transparan (Penghubung segmentasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC). Switch dapat dikatakan sebagai multi-port bridges karena mempunyai collision domain dan broadcast domain tersendiri, dapat mengatur lalu lintas paket yang melalui switch jaringan. Cara menghubungkan komputer ke switch sangat mirip dengan cara menghubungkan komputer atau router ke hub. Switch dapat digunakan langsung untuk menggantikan hub yang sudah terpasang pada jaringan. Cara kerja Switch hampir sama seperti bridger, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi port bridges.

IV. Repeaters
pic source: google.com

Perangkat jaringan yang satu ini memiliki fungsi sebagai penguat sinyal. sebagai contohnya pada sebuah LAN menggunakan topologi Bintang dengan menggunakan kabel UTP. Dimana diketahui panjang maksimal untuk sebuah kabel UTP adalah 100 meter. maka dari itu di gunakanlah Repeaters untuk menguatkan sinyal dari kabel tersebut.

V. Bridges/Jembatan
pic source: google.com

Sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan, ini digunakan untuk mendapatkan jaringan yang efisien, dimana kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya diperlukan jembatan untuk itu. Kebanyakan bridges dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap segmen komputer pada jaringan yang lain disebelahnya pula. Diibaratkan bahwa Bridges ini seperti polisi lalu lintas yang mengatur di persimpangan jalan pada saat jam-jam sibuk. Dia mengatur agar informasi di antara kedua sisi network tetap jalan dengan baik dan teratur. Bridges juga dapat digunakan untuk mengoneksi diantara network yang menggunakan tipe kabel yang berbeda maupun topologi yang berbeda pula.

VI. Routers
pic source: google.com

Sebuah Router mengartikan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain, dia hampir sama dengan Bridges namun lebih pintar, router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasarkan atas alamat tujuan dan alamat asal. Sementara Bridges dapat mengetahui alamat masing-masing komputer di masing-masing sisi jaringan, router mengetahui alamat komputer, bridges dan router lainnya. Router dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi mana yang paling sibuk dan dia bisa menarik data dari sisi yang sibuk tersebut dampai sisi tersebut bersih.
Berikut ini contohnya sob, Jika sebuah perusahaan mempunyai LAN dan menginginkan terkoneksi ke internet, mereka harus memiliki router. Ini berarti sebuah router dapat menterjemahkan informasi diantara LAN anda dan internet.Ini berarti Router berfungsi :
1. Mengatur jalur sinyal secara effisien.
2. Mengatur Pesan diantara dua buah protokol.
3. Mengatur Pesan diantara topologi jaringan linear bus dan Bintang(star).
4. Mengatur Pesan diantara melewati Kabel Fiber optic, Kabel coaxial atau kabel twisted pair.

VII. Printer dan Peripheral Lain
pic source: google.com

-->
Untuk perangkat yang satu ini, mugkin sobat-sobat sudah gak asing lagi kan? Itulah sebabkan adanya networking, Karena printer tidak selalu digunakan oleh setiap pemakai, akan lebih ekonomis jika memakai satu printer bersama-sama. Printer bisa dihubungkan langsung pada workstation atau ke server. Selain printer sobat juga dapat memasang scanner, CD-ROM eksternal dan peralatan lain yang berguna dan dapat digunakan secara bersama-sama pada network.

Demikian dulu materi Jaringan Komputer Dasar mengenai Perangkat Keras Jaringan Komputer. Semoga sharing saya ini dapat bermanfaat oleh sobat.Jika ingin ada yang ditanyakan silahkan berkomentar di kotak komentar di bawah ini.

Lihat juga Belajar Jaringan Komputer Dasar 
 

6 komentar:

info yang sangat bermanfaat soob :D
ditunggu kunjungan baliknya

kita juga punya nih jurnal mengenai jaringan komputer, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5214/1/DOKUMEN%20PRESENTASI.pdf
semoga bermanfaat yaa :)

Kunjungi blog kami,,
adimbahgahol.blogspot.com
adimbahgahol.blogspot.com
adimbahgahol.blogspot.com

di FOLLOW,nanti ane FOllow BALIK,,,

kunjungi jga ya ..

http://faisal-okee.blogspot.com

Lengkap penjelasan tentang astronomi , elektronik , tutorial instalasi win 7 , XP , dan juga jenis-jenis LAN

terimakasih atas pejelasan tentang perangkat jaringan komputer, ertikel yang sangat menarik sob..

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...