May 5, 2015

Membuat DHCP Dan Web Server Dengan Sistem Operasi Linux Debian 5
Afriduarchan9:28 AM 0 komentar

Tulisan saya kali ini adalah melanjutkan tulisan saya mengenai Membuat DNS Server dengan Sistem Operasi Linux Debian 5 yaitu membuat DHCP dan Web Server nya pada OS Linux Debian 5. Sama seperti tulisan saya sebelumnya pembuatan DHCP dan Webserver ini dengan menggunakan bantuan aplikasi VMware. Langsung saja akan dijelaskan langkah-langkah dalam pembuatan DNS server ini :

  1. Buka sistem operasi linux debian 5 yang sudah di install sebelumnya pada aplikasi vmware dan sudah terdapat instalasi DNS Server.

  2. Setelah OS debian melakukan booting maka akan masuk menu login. Masukkan username : root dan password : labti.

  3. Install terlebih dahulu paket DHCP, yaitu dhcp3-server. Untuk instalasinya cukup dengan mengetikkan apt-get install dhcp3-server.

    Klik OK
  4. Setelah itu konfigurasi paket dhcp3-server yang telah terinstall, untuk itu masuk ke file dhcpd.conf. caranya dengan mengetikkan perintah seperti berikut.

  5. Selanjutnya adalah mengedit atau mengkonfigurasi paket dhcp agar berjalan dengan keinginan administrator. Pada file dhcpd.conf hilangkan tanda # dibawah tulisan A slightly different configuration for an internal subnet. Edit filenya menjadi seperti dibawah ini :

     Kemudian save file tersebut dengan menekan tombol CTRL + X dan tekan Y setelah itu enter maka file akan tersimpan otomatis.
  6. Kemudian setelah paket dhcp telah diinstall dan dikonfigurasi, lakukan restart paket dhcp dengan mengetikan perintah 

  7. Langkah selanjutnya setelah paket dhcp server aktif adalah menginstal paket web server yaitu apache. Untuk menginstallnya ketikkan perintah.

  8. Edit file apache untuk menentukan direktori web yang akan digunakan. Ketikkan perintah .

  9. Ubahkan ServerAdmin menjadi admin@labti.com dan rubah documentRoot /var/www/web dan setelah dirubah menjadi seperti gambar dibawah, untuk keluar dari file tersebut ketikkan CTRL + X kemudian ketik Y untuk save dan tekan enter pada keyboard.

  10. Kemudian membuat direktori yang telah ditentukan sebelumnya pada file apache default. Ketikkan perintah 

  11. Kemudian setelah direktori /var/www/web berhasil dibuat, sebagai contoh kita akan membuat file .html atau php didalam direktori tersebut. Caranya dengan mengetikkan perintah 

  12. Setelah itu buat file html atau php sederhana di editor kosong tersebut, setelah selesai untuk keluar tekan CTRL + X kemudian pilih Y untuk save dan tekan enter pada keyboard. 

  13. Setelah membuat halaman web sederhana dan menyimpannya, lakukan restart paket apache. Ketikkan perintah 

  14. Kemudian langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mengedit file interfaces. Ketikkan perintah nano /etc/network/interfaces. Dalam file tersebut kita hanya perlu mengubah isi teks allow-hotplug menjadi auto eth0 seperti gambar diatas. Untuk keluar tekan CTRL + X kemudian pilih Y untuk save dan tekan enter untuk keluar dari file tersebut.

  15. Setelah itu, restart packet network interfaces caranya dengan mengetikkan perintah /etc/init.d/networking restart 
  16. Untuk mencoba semua yang telah kita konfigurasi, ketikkan perintah w3m www.labti.com dari konsol debian tersebut maka jika berhasil akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

     Untuk keluar dari halaman tersebut tekan tombol Q pada keyboard.
Isi konten dapat diubah sesuka hati sesuai kebutuhan. Demikian tulisan ini dibuat semoga bermanfaat. GBU.
In Category : ,
About The Author Afriduarchan Network Engineer, College Student of Informatics engineering
Facebook and Twitter

0 komentar

Post a Comment