January 13, 2013

Belajar Jaringan Komputer Dasar
Afriduarchan10:56 PM 5 komentar

RENDEZVOUS Jaringan Komputer dasar
Postingan saya kali ini berhubungan dimana saya sedang ingin mempelajari atau mendalami Jaringan Komputer. Materi tentang Jaringan komputer berbeda sekali dengan saat kita belajar bahasa pemrograman dimana kita yang setiap waktunya hanya ngoding dan ngoding (bahasa programer).Tidak usah panjang lebar untuk intermezonya, langsung aja kita masuk ke materi tentang Jaringan Komputer Dasar.
Saya di sini langsung saja masuk ke konsep dan pengertian Jaringan Komputer dasar, jika sobat ingin mengetahui sejarah jaringan komputer itu sendiri, silahkan cari di Sejarah Jaringan Komputer.

Konsep Jaringan Komputer ini terdapat di dalam ilmu komputer dan teknologi informasi, di kenal dengan istilah jaringan komputer. Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer yang dapat saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya dengan menggunakan media komunikasi, sehingga dapat saling berbagi data, informasi, program, dan perangkat keras (printer,harddisk,webcam, dsb).

Sebelumya jangan lupa yah,jaringan yang sedang kita pelajari ini berbeda dengan konsep jaringan dalam ilmu biologi -yaitu sekumpulan sel yang fungsinya sejenis  komputer - komputer tersebut bisa saja memiliki tipe yang berbeda-beda, menggunakan sistem informasi yang berbeda, dan menggunakan program/aplikasi yang berbeda pula. Tetapi komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan komputer harus memakai aturan komunikasi (protokol) yang sama. Hal ini di maksudkan agar masing-masing komputer dapat berkomunikasi yang baik dengan komputer lainnya. Protokol yang menjadi Standar Internasional adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol)


Tujuan dari jaringan komputer itu sendiri yaitu :

1. Berbagi Peralatan dan sumber daya   

Beberapa komputer dimungkinkan untuk saling memanfaatkan sumber daya yang ada, sepert printer, harddisk, serta perangkat lunak bersama, seperti aplikasi perkantoran, basis data (database), dan sistem informasi. Penggunaan perangkat secara bersama ini akan menghemat daya dan meningkatkan efektivitas peralatan tersebut.

2. Integrasi data

Jaringan komputer memungkinkan pengintegrasian data dari atau ke semua komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut.

3. Komunikasi

Jaringan komputer memungkinkan komunikasi antar pemakai komputer, baik melalui email, teleconference dsb.

4. Keamanan (Security)

Jaringan Komputer mempermudah dalam pemberian perlindungan terhadap data. Meskipun data pada sebuah komputer dapat diakses oleh komputer lain, kita dapat membatasi akses orang lain terhadap data tersebut. Selain itu kita juga bisa melakukan pengamanan terpusat atas seluruh komputer yang terhubung ke komputer.

Setelah menjelaskan tentang tujuan dari jaringan komputer, para pembaca yang baik, saya ingin beritahu sebelumnya bahwa sebelum membuat sebuah jaringan komputer,kita perlu juga tahu ada kriteria yang di bedakan dalam jaringan komputer.
Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu

1. Berdasarkan Distribusi Informasi/Data
a. Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer client dan server yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server.

b. Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.

2. Berdasarkan Jangkauan Geografis Dibedakan Menjadi
a. Jaringan LAN
Merupakan jaringan yang mehubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.

b. Jaringan MAN
Merupakan jaringan yang mecakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.

c. Jaringan WAN
Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Selular seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

3. Berdasarkan Peranan Dan Hubungan Tiap Komputer Dalam Memproses Data
a. Jaringan Client Server
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.

b. Jaringan Peer-to-peer
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client maupun sebagai server

4. Berdasarkan Media Transmisi Data
a. Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

b. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan. 
  
Demikian materi postingan saya pada kali ini, tunggu postingan saya selanjutnya untuk berbagi  materi tentang Jaringan Komputer selanjutnya. Silahkan isi komentar jika sobat ingin menambahkan postingan tentang Belajar Jaringan Komputer Dasar. Semoga bermanfaat.
Baca juga Perangkat Keras Jaringan Komputer

In Category :
About The Author Afriduarchan Network Engineer, College Student of Informatics engineering
Facebook and Twitter

5 comments:

  1. trimsa ksih gan tuk artikel'a yg bgus bnget tuk d plajari,,,
    sukses trus ya gan .. :)

    ReplyDelete
  2. Arigatou Sangat Membantu Post Anda!! Jangan Lupa Ya Kunjungi Balik Blog Saya
    http://aikawafaith.blogspot.com/

    ReplyDelete