April 25, 2013

Skype the Social Network
Afriduarchan8:19 AM 2 komentar


pic source : google.com
Postingan saya kali ini merupakan bagian dari lanjutan tugas sofkill mata kuliah Pengantar Web Science. Dalam tulisan ini saya membahas salah satu sosial network yang sering kita gunakan sehari-hari untuk komunikasi yaitu Skype. Tulisan saya merupakan kutipan dari beberapa sumber yang nantinya saya cantumkan di bagian sumber. Beberapa point yang akan dibahas dalam tulisan ini yaitu sejarah, konsep, teknologi, kelebihan dan kekurangan, keamanan,serta pemanfaatan dan pengembangan masa depan dari sosial network yang bernama Skype ini.

  • Pengertian
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. 

  • Sejarah
Berikut ini merupakan sejarah terbentuknya Skype :
  •     23 April 2003 Nama domain Skype.com dan Skype.net didaftar
  •     29 Agustus 2003 Versi beta publik pertama dikeluarkan
  •     15 Juni 2004 Rilis beta versi 0.98.0.28
  •     27 Juni 2004 Credit SkypeOut dapat dibeli untuk pertama kalinya melalui situs web Skype
  •     27 Juli 2004 Rilis versi 1.0 untuk Windows
  •     20 Oktober 2004 Pertama kalinya 1 juta pengguna Skype online bersamaan
  •     14 Februari 2005 Pertama kalinya 2 juta secara online
  •     10 Maret 2005 SkypeIn Public Beta dimulai
  •     11 Maret 2005 Software telah didownload 84 juta kali dan 5.98 milyar menit bicara
  •     15 April 2005 Didownload lebih dari 100 juta kali
  •     18 Mei 2005 Tiga juta pengguna Skype online bersamaan
  •     12 September 2005 Skype diakusisi situs lelang online, eBay.
Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya.Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.

  • Konsep
Kemudahan berkomunikasi tanpa memperdulikan jarak dan waktu sehingga dapat saling bertegur sapa dalam sebuah mesin elektronik merupakan konsep yang dimiliki oleh Skype. Dengan menyediakan sarana komunikasi suara berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara. Sehingga untuk saat ini pengguna skype dapat menggunakan netbook/notebook dan smartphonenya dalam berbagai operating system (OS) untuk saling berkomunikasi.

pic source : google.com
pic source : google.com
  • Teknologi
Skype menggunakan beberapa teknologi didalamnya,sehingga skype mampu memberi pelayanan yang cukup memuaskan bagi penggunanya. Beberapa teknologi yang digunakan oleh skype : 

1. Kualitas suara yang lebih baik 
Dalam hal kualitas suara yang lebih baik, hal ini mungkin terjadi karena tim kerja Skype telah berhasil mengontrol sumberdaya- sumberdaya yang tersedia pada jaringan. Sehingga meningkatkan keberhasilan panggilan dan kualitas pada jaringan Skype melebihi tingkat POTS (Plain Old Telephony System: Sistem Telepon Tua Biasa) tanpa menggunakan pemusatan sumberdaya yang mahal. Dengan menyederhanakan perangkat lunaknya, sistem ini memungkinkan pengaplikasian yang mudah oleh siapapun.

2. Traversal Firewall dan NAT (Network Address Translation)
Klien-klien yang tidak menggunakan firewall dan klien-klien yang sudah berada pada alamat-alamat IP publik yang terarah dapat membantu “ujung-penghubung” dari NAT berkomunikasi dengan mengarahkan panggilan. Hal ini memungkinkan dua klien yang awalnya tidak bisa berkomunikasi untuk berbicara satu sama lainnya, karena sinyal panggilan di terjemahkan pada pengguna akhir yang satu dan pengguna akhir lainnya, sehingga kekhawatiran akan risiko keamanan atau privasi dapat diatasi. Bersamaan dengan hal ini, hanya proxi-proxi yang memiliki “jatah” berlebih yang dipilih sehingga performa pada penggunanya tidak terganggu.Beberapa teknik baru telah dikembangkan untuk menghindari konfigurasi firewall dan gateway pada pengguna akhir, dimana setting konfigurasi yang tidak sensitif biasanya menghambat mayoritas pengguna dalam berkomunikasi. Singkatnya, Skype bekerja di belakang mayoritas firewall dan gateway tanpa menggunakan konfigurasi khusus.

3. Data dan Alat Pencari Pengguna Global Terdesentralisasi
Teknologi jaringan P2P yang digunakan oleh aplikasi “berbagi berkas” (file-sharing) sebenarnya hampir cocok untuk digunakan pada jaringan desentralisasi yang digunakan oleh skype, namun jaringan-jaringan ini secara alamiah telah terbagi-bagi. Pencarian tidak dapat menghubungkan seluruh “ujung” yang terdapat di jaringan. Sehingga untuk dapat berkomunikasi dengan kualitas telepon yang baik dengan biaya serendah mungkin, diperlukan pengembangan generasi ketiga dari teknologi P2P (“3G P2P”) atau dikenal juga dengan Indeks Global (Global Index) disingkat IG – hal ini membuktikan sekali lagi pergeseran paradigma pada istilah “jaringan yang mungkin” . Teknologi IG adalah jaringan berlapis-lapis dimana antara penghubung-super (supernones) saling berkomunikasi dengan cara tertentu sehingga setiap penghubung dalam jaringan memiliki pengetahuan penuh akan setiap pengguna yang ada dan sumberdaya yang digunakannya dalam selubung (jeda panggilan) seminimal mungkin.

4. Pengarah lalulintas yang pintar (intelligent routing)
Dengan menggunakan seluruh sumberdaya yang ada, Skype mampu mengarahkan dengan pintar panggilan panggilan yang terkode melalui seluruh jalur efektif yang mungkin dilalui. Skype bahkan memastikan berbagai jalur-jalur penghubung tetap terbuka dan secara dinamis berpindah memilih jalur yang terbaik pada saat itu. Hal ini membuat Skype langsung menjadi perhatian orang karena dampaknya dalam mengurangi jeda sambungan dan peningkatan kualitas panggilan dalam jaringan.

5. Dapat digunakan di berbagai Operating System (OS)
Dengan perangkat yang mudah digunakan dan bukan mempersulit pengguna, skype dibuat sesederhana mungkin – semua orang yang dapat menggunakan aplikasi Windows dan telepon karena perangkat lunak ini dapat bekerja dengan baik dengan sistem operasi komputer saku (pocket PC), Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Pocket PC, Mac OS X and Linux .

  • Kelebihan dan Kekurangan

* Kelebihan

1. Biaya yang digunakan jauh lebih ekonomis.Komunikasi global dan lokal yang lebih ekonomis melalui suara atau konferensi video. Sebagai contoh perbandingan biaya menelpon ke Amerika dari Indonesia adalah Rp.6,640,-/ menit, sedangkan dengan menggunakan skype, aktivitas ini didapatkan gratis (untuk sesama pengguna skype) dan berbayar bila skype digunakan untuk menelpon ke pesawat telpon genggam: Rp. 1,593/ menit atau pesawat telpon rumah: Rp. 423/ menit. Dengan demikian komunikasi menjadi lebih murah dan terjangkau. Konferensi bisa dilangsungkan antar pengguna (dua orang) sampai dengan lima pengguna sekaligus.

2. Sangat mudah digunakan. Kita hanya cukup mengunduh aplikasinya kemudian di install maka kita sudah bisa menggunakannya dengan sesama pengguna skype. Pengguna hanya diharuskan untuk memiliki komputer dengan spesifikasi teknis tertentu, headset, serta sambungan internet.

3. Kualitas suara yang lebih baik. Kegunaan dasar pembicaraan telepon melalui komputer di mana pun pengguna berada secara gratis.

4. Unlimited.Kita bebas menggunakan telepon tanpa batas, tanpa memperhatikan pulsa namun kita harus bisa memperhatikan kuota dari modem jaringan yang digunakan (bila menggunakan modem USB memakai kuota).

5. Kita juga dapat saling teleconference, yaitu tidak hanya mendengar suara namun juga dapat melihat visual dari lawan bicara kita.

*Kekurangan

1. Rentan akan penipuan. Tidak berbeda dengan sosial network lainnya yang mudah digunakan tanpa menyertakan identitas resmi, Skype juga bisa menjadi bahan atau alat penipuan. Bila kita tidak berhati-hati dalam penggunaan sosial network ini, mungkin banyak kejahatan-kejahatan yang bisa terjadi.

2. Dibandingkan dengan aplikasi sosial network lainnya yang terinstall di netbook/notebook atau smartphone kita, Skype menggunakan cukup besar memori di dalam hardisk. Memori yang digunakan bisa mencapai sekitar 23 MB.

3. Terhalang oleh waktu dan kesediaan orang yang memanggil dan yang dipanggil. Penggunaan skype dengan metode suara harus dilakukan dengan rencana sebelumnya seperti membuat janji dengan orang yang dituju, karena apabila orang yang dituju tidak siap (terhalang oleh perbedaan waktu atau kesulitan sambungan Internet) maka niat untuk melakukan komunikasi langsung melalui suara bisa jadi sia-sia.

4. Skype harus menggunakan jaringan yang baik, jika tidak kita akan lebih sering kehilangan sinyal (sinyal terputus-putus). Apalagi bila ingin teleconference yang menggunakan webcam, kecepatan sinyal sangat berpengaruh akan komunikasi kita.

  • Keamanan
Setiap panggilan dan pesan instan dikodekan oleh Skype pada ujung satu dan lainnya untuk melindungi privasi pengguna. Pengkodean ini perlu karena seluruh panggilan/ pertukaran informasi disalurkan menggunakan fasilitas Internet untuk publik. Untuk segi keamanan skype sudah cukup aman ketika kita berkomunikasi dengan siapapun asalkan kita bisa menjadi ID dan password yang kita miliki.

  • Pemanfaatan dan pengembangan masa depan
Secara garis besar Skype merupakan salah satu sosial network yang bisa diandalkan, dari segi konten, konsep yang dimiliki serta teknologinya sudah cukup baik di banding dengan sosial network lainnya. Fitur-fitur yang ada juga mudah kita gunakan sehingga komunikasi yang terjalin bisa terpuaskan. Kita juga mampu berkomunikasi jarak jauh dan tidak kenal waktu dengan keluarga, saudara, dan orang spesial yang kita sayang. Untuk segi pengembangan agar skype bisa mengembangkan lagi konten-konten maupun fitur-fitur yang dimiliki. Supaya kita lebih dimudahkan lagi atau dimanjakan lagi dalam berkomunikasi baik formal maupun informal.

Demikian postingan saya tentang Skype the Social Network, semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima Kasih

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Skype


In Category : ,
About The Author Afriduarchan Network Engineer, College Student of Informatics engineering
Facebook and Twitter

2 comments: