October 17, 2014

Analisis Perusahaan INTEL Corp.
Afriduarchan10:18 AM 0 komentar

Penulisan saya saat ini merupakan tugas mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika (softskill). Tugas tersebut adalah menganalisis profil sebuah perusahaan yang berkaitan dengan IT. Saya akan membahas analisi profil perusahaan INTEL Corporation. Intel Corporation (NASDAQ: INTC; didirikan 1968) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS. Intel mengganti logo dan slogannya pada 2 Januari 2006. Slogan lamanya "Intel inside" diganti dengan "Leap ahead". Kapitalisasi pasarnya sekitar AS$154 miliar (Maret 2005). Intel diperdagangkan secara publik dan secara internasional di NASDAQ dengan simbol INTC. 

Source : Google

Pada tahun 2009, berdasarkan data yang diterbitkan oleh Milward Brown Optimor tentang seratus merk yang paling berpengaruh didunia, perusahaan Intel berada di posisi 23, naik empat peringkat dari posisi sebelumnya di tahun 2008 yakni posisi 27. Sebenarnya selain microprocessor, Inter juga sudah mulai meneliti tentang transmisi data elektronik, namun tetap saja yang menjadi perhatian utama dari Intel adalah pengembangan microprocessor agar dapat mengimbangi industri teknologi informasi yang senantiasa berkembang dari waktu ke waktu.
dalam pembahasan analisis profil perusahaan INTEL Corp ini saya akan menggunakan metode SWOT (Strength, Weaknesses, opportunities, dan threats ).

* Strength (Kekuatan)
Kemampuan prosesor ini yang memang diatas rata-rata dan juga ditunjang dengan nama besar perusahaan Intel membuat prosesor ini mempunyai tempat tersendiri di mata konsumen, khususnya dalam hal ini para pengguna komputer. Intel sendiri mengeluarkan prosesor ini untuk memenuhi kebutuhan akan komputer dengan kemampuan dan kecepatan pemrosesan data yang berjumlah besar dalam waktu yang relatif lebih cepat, khususnya untuk bidang multimedia.

* Weaknesses (Kelemahan)
kelemahan yang dimiliki oleh prosesor seri ini adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan merk dagang lainnya. Disamping itu, jika konsumen hendak menggunakan prosesor ini, maka konsumen tersebut harus mengeluarkan dana yang lebih untuk membeli perangkat komputer lainnya yang bisa mendukung kinerja dari prosesor seri ini, dimana harga komponen-komponen pendukung tersebut juga akan relatif lebih mahal dari biasanya.

* Opportunities (Peluang)
Dengan diluncurkannya berbagai produk, diharapkan Intel akan memegang kendali atas pemasaran komponen komputer, khususnya untuk microprocessor. Juga diharapkan produk-produk INTEL akan membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhan dibidang teknologi informasi yang berkembang setiap saat.

* Threats (Ancaman)
Dengan melihat kelemahan dari produk-produk INTEL ini,dimana harga yang menjadi kelemahannya akan menjadi masalah bagi perusahaan Intel jika ada perusahaan kompetitor yang meluncurkan prosesor yang mempunyai spesifikasi serupa dan kemampuan yang bersaing, namun dengan harga yang relatif lebih murah.

Sumber :

In Category :
About The Author Afriduarchan Network Engineer, College Student of Informatics engineering
Facebook and Twitter

0 komentar

Post a Comment